Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cerita Unik Dibalik Kesuksesan Game Pokemon Go

Hape Gaya ~ Siapa yang tidak tahu game Pokemon Go? Game yang menawarkan permainan di alam nyata ini sudah menjadi fenomena tersendiri di jagat mobile game.

Pasalnya, jutaan gamers sudah saat ini sedang memainkan game yang dirilis pada awal juli tahun 2016. Dan tak tanggung-tangguh pihak pengembang sudah mengantongi belasan juta dollar, sungguh capaian yang luar biasa.

8 Cerita Unik Dibalik Kesuksesan Game Pokemon Go


Tapi tahukan kalian? ternyata dibalik kesuksesan game besutan Nintendo dan Niantic.labs ini, ada 8 Cerita Unik yang perlu kalian ketahui. Apa sajakah itu?

Berikut ini akan dipaparkan secara jelas, dan semoga nantinya akan menjadi inspirasi bagi pegembang game yang lain.

1. Dibuat Saat Penemunya Masih Mahasiswa

Banyak orang yang menduga, Game Pokemon Go diciptakan oleh seroang bergelar profesor dibidang pengembangan game.

Dugaan ini ternyata 100% salah, Karena Game Pokemon Go telah dibuat dan direncanakan sejak tahun 1996-an, tepatnya saat Jhon Hanke sebagai masih berstatus mahasiswa.

Baca Selengkapnya : Penemu dan Creator Game Pokemon Go

2. Dibuat dalam kurun waktu 20 tahun

Jika dihitung sejak pertama kali dibuat dan dikembangkan, hingga diluncurkan pada tahun 2016, tepatnya tanggal 16 juli. Game Pokemon Go membutuhkan waktu 20 tahun, sugguh waktu yang tidak sebentar. 

3. Mencatat Rekor Pengguna Terbanyak

Beberapa suber menyebutkan, Pokemon Go tidak membutuhkan waktu lama untuk menjaring pecinta game.

Bahkan, hanya dalam kurun waktu seminggu sejak dirilis, game ini telah di-download oleh 10 juta pemain dari penjuru dunia.

Angka ini telah mampu melampaui kehebatan aplikasi populer lain, seperti facebook, twitter, snapchat, bahkan aplikasi pesan instan whatsapp.


4. Butuh dana US$ 25 Juta

Ingin bermodel, tentu membutuhkan modal. Untuk mempercepat pembuatan dan peluncurannya, pihak pengembang membutuhkan dana US$ 25 Juta, yang diperoleh langsung dari google. 

Dana segar tersebut dibuat untuk percepatan peroses pengembangan dan penambahan pekerja, karena waktu peluncurannya sudah semakin dekat.


5. Data Game diambil dari Game Ingress

Ternyata sistem game Pokemon Go, menggunakan data yang telah tertanam pada game sebelumnya, yakni game Ingress.

Meski demikian, ada banyak hal yang dikembangkan, yang tidak dimiliki oleh Ingress.

6. Meraup Untung US$ 2 Juta Perhari

Belum genap satu bulan dirilis, game ini ternyata telah meraup untung US$ 2 Juta perhari, sebuah capaian yang luar biasa.

Dampaknya, saat ini saham Nintendo langsung melejit naik hingga 25 %.

Baca Juga : Game Pokemon Go Sudah Raih Belasan Juta Dolar, Kurang Dari Sebulan


7. Total ada 18 Tipe Monster Pokemon Yang Harus Diburu

Banyak pemain game pokemon go yang tidak tahu, bahwa setidaknya ada 18 Tipe Monster Pokemon dengan jumlah jenis mencapai 118 lebih yang harus diburu.

Monster tersebut berkeliaran dan muncul di tempat-tempat  dan lokasi yang sesuai dengan karakternya.

Misalnya Monster Tipe Es [Ice-Type] yang memiliki 5 jenis. Monster pokemon ini biasanya muncul di kawasan yang dingin, dan bisa dipastikan muncul dikawasan yang bersalju.

Baca : Ini Dia 18 Tipe dan Jenis Monster Pokemon Go


8. Menuai Banyak Kontroversi

Setiap game sebenarnya memiliki dampak positif dan negatif, tinggal para pemainnya saja harus mampu mengendalikan diri dan tidak terlalu fokus pada layar ponsel.

Tapi tidak untuk Game Pokemon Go, Game Terlaris ini menuai banyak kritik dan himbauan untuk tidak menggunakannya.

Lantaran, belum genap sebulan peluncurannya, game berbasis augmented reality ini memiliki banyak cerita, mulai dari yang lucu, unik, hingga menyebabkan kecelakaan dan bahkan kematian.

Salah satunya, kisah dua orang reamaja yang tertembak akibat main game pokemon go, dan salahsatunya meninggal dunia.

Beberapa negara juga telah mengeluarkan himbauan resmi terkait permainan ini, salah satunya BIN [Badan Intelegen Nasional], mengkhawatirkan keberadaan game Pokemon Go bisa menyebabkan adanya tindak kriminal.

Namun nyatanya, semakin hari pengguna game ini semakin membludak, sehingga harapannya para pecandu Pokemon Go tetap selalu waspada saat memainkannya.

Baca Juga : Ini 5 Bahaya Main Game Pokemon Go Yang Harus Diwaspadai

Demikian 8 Cerita Unik Dibalik Kesuksesan Game Pokemon Go, semoga cerita-cerita diatas bisa memberikan inspirasi dan pengetahuan, khususnya bagi pengembang Mobile Game lainnya.

Posting Komentar untuk "8 Cerita Unik Dibalik Kesuksesan Game Pokemon Go"